ads


DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

 

Kegiatan sosialisasi yang digelar KPU Palopo.
PALOPO- Lewat sosialisasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat menggunakan hak suaranya di Pilkada Serentak 2024. 

"Kali ini kita harapkan peran mahasiswa sebagai agen perubahan, ikut menjaga integritas penyelenggaraan Pilkada," kata Ketua KPU Palopo, Irwandi Djumadin, usai sosialisasi di Warkop Suladwipa, Kecamatan Bara, Rabu (9/10/2024) kemarin.

Ia mengajak mahasiswa untuk turut serta dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada agar berjalan sesuai dengan prinsip umum pemilu, yaitu langsung, bebas, rahasia, jujur, dan adil. “Peran mahasiswa dalam menjaga proses penyelenggaraan pemilihan di Palopo harus sesuai dengan asas umum, langsung, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” ujar Irwandi.

Mantan Komisioner Bawaslu Luwu Utara, Ibrahim Umar, menekankan pentingnya peran generasi muda dalam mengawal proses demokrasi. Menurutnya, mahasiswa harus aktif dalam memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat, baik dilingkungan sekitarnya tentang pelaksanaan Pilkada.

"Sebagai generasi muda, tentunya kita harus berperan aktif dalam mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada secara benar. Selain itu memberikan pemahaman terkait larangan money politic di lingkungan sekitar, kerabat dan keluarga," tutur Ibrahim.

Ridwan Nawawi, salah satu narasumber, juga menekankan pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam penyelenggaraan pemilu, baik sebagai penyelenggara maupun pengawas. Kata dia, mahasiswa memiliki posisi strategis untuk berkontribusi dalam proses demokrasi di Indonesia.

“Keterlibatan mahasiswa dalam pemilu bisa dilakukan dengan menjadi bagian dari penyelenggara, membantu mensosialisasikan tahapan Pilkada, dan yang terpenting adalah mengawasi proses pemilu ini,” tukasnya. (TOM)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top