ads


DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

 

Hasbudi.
LUTRA- Kritik keras dilayangkan Ketua Kerukunan Keluarga Luwu Utara (KKLU) Morowali Utara (Morut), Hasbudi, terhadap pihak PT Kalla Arebamma yang telah melaporkan sejumlah warga Kecamatan Rampi ke Polres Luwu Utara atas aduan pencemaran nama baik atau penyebaran berita bohong melalui ITE.

"Kami KKLU Morut akan bersama dengan warga Rampi, kami tidak akan tinggal diam, PT Kalla Arebamma mestinya tidak berupaya mempolisikan warga Rampi yang notabene selaku tuan rumah di mana perusahaan itu akan melakukan eksploitasi emas," ungkap Hasbudi, dalam rilisnya Minggu (20/10/2024).

Mantan Ketua Umum Himpunan Kerukunan Mahasiswa Luwu Utara (HIKMAH-Lutra) itu, menilai dasar pelaporan PT Kalla Arebamma tidak mendasar hanya dengan bukti berita di media online yang dipublikasikan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD Luwu Utara.

Hasbudi menilai, wajar saja warga Rampi yang hadir pada RDP mempertanyakan Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP-OP) dan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) PT Kalla Arebamma. Karena warga tidak pernah disosialisasikan akan keberadaan PT Kalla Arebamma di Rampi, lalu tiba-tiba diketahui telah memiliki IUP-OP dan AMDAL.

Dewan Penasehat Gerakan Aktivis Muda Indonesia (GAMI) Lutra itu, berharap penyidik Polres Lutra yang menangani laporan pengaduan Direktur PT Kalla Arebamma tetap objektif dan transparan dalam hal ini.

“Kami berharap agar penyidik yang menangani kasus ini agar tetap objektif dan transparan. Sebab polisi harus netral dalam menjalankan Tupoksinya," tegas Hasbudi.

Selain itu, Hasbudi menegaskan bahwa pihaknya bersama sejumlah pihak akan terus memantau dan mengawal masyarakat adat Rampi dalam menghadapi persoalan atau konflik antara warga dengan PT Kalla Arebamma.

“Kami bersama sejumlah kawan-kawan aktivis akan terus mengawal masyarakat adat Rampi dalam menghadapi kasus ini. Bahkan kami sudah merancang konsolidasi untuk menggelar aksi unjuk rasa jika warga Rampi dikriminalisasi atau dirugikan oleh PT Kalla Arebamma,” kuncinya. (RILIS/HENDRO WUNTA)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top