ads


DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

 

Sosialisasi pencegahan dan simulasi penanganan Karhutla.
MOROWALI- Untuk memberi pemahaman dan edukasi terkait penanggulangan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), PT Tamaco Graha Krida Ungkaya, Kamis (26/9/2024), menggelar sosialisasi dan simulasi penanganan Karhutla. Kegiatan itu, diikuti petani plasma di wilayah Kecamatan Witaponda dan sekitarnya. 

Manager Pabrik PT Tamaco Graha Krida Ungkaya, Gunawan, menyampaikan sosialisasi dan simulasi penanganan Karhutla ini akan dilaksanakan setiap tahun oleh PT Tamaco Graha Krida Ungkaya, sebab hingga saat ini banyan spot di wilayah PT Tamaco Graha Krida Ungkaya yang rawan mengalami kebakaran. 

"Mari saling bekerjasama menjaga area kita agar terhindar dari bahaya kebakaran hutan dan lahan, karena banyak laporan yang kami terima ancaman kebakaran memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi di area Witaponda dan Bumi Raya," tutur Gunawan. 
Dinas Pemadam Kebakaran Morowali ikut memberikan materi pencegahan dan penanganan Karhutla.

Selain melaksanakan pencegahan sosialisasi ini juga diisi kegiatan simulasi penanganan Karhutla.
Sosialisasi dan simulasi penanganan Karhutla yang dilaksanakan PT Tamaco Graha Krida Ungkaya ini, terlaksana atas kerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Morowali. Kegiatan tersebut, dihadiri Bhabinkamtibmas setempat, Dampos Kodim 1311 Morowali, serta petani plasma dan karyawan PT Tamaco Graha Krida Ungkaya.

Kepala Seksi Pemadaman Kebakaran Morowali, Farly Apris Tibesi SE, menilai pelatihan terintegrasi semacam ini sangat perlu dilaksanakan untuk menangani ancaman kebakaran hutan dan lahan. Sehingga, dengan adanya pelatihan yang diberikan unsur terkait dapat bertindak cepat mengantisipasi Karhutla.

Dalam pelatihan penanganan Karhutla, peserta mendapat materi tentang segitiga api yaitu elemen bahan bakar, oksigen, dan panas yang dapat memicu kebakaran, serta prosedur penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) secara benar dan efisien, selain materi peserta juga mempraktekkan cara pemadaman api apabila sewaktu-waktu terjadi Karhutla. (FAUSIAH WULANDARI HAFID) 





About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top