ads


DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

 

Pembentukan forum satu data Indonesia tingkat Kota Palopo. 

PALOPO- Kegiatan rapat koordinasi (rakor) dalam rangka pembentukan forum Satu Data Indonesia (SDI) digelar Pemkot Palopo, Kamis (11/7/2024). Acara ini, dibuka Pj Walikota, Asrul Sani SH MSi, di ruang pertemuan Ratona. Kegiatan dengan tema "Optimalisasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral" itu, diisi penandatanganan berita acara kesepakatan bersama forum satu data Indonesia tingkat Kota Palopo.

Kepala Dinas Persandian dan Statistik Palopo, Drs Abdul Waris MSi, menuturkan pembentukan forum SDI bertujuan sebagai wadah komunikasi, berkoordinasi, dan berkolaborasi menyelesaikan masalah penyelenggaraan satu data di Indonesia. Forum SDI, juga mengatur tata kelola data serta memberikan acuan pelaksanaan guna mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian komunikasi.

Pj Walikota, Asrul Sani, menilai pembentukan forum SDI sebagai upaya menyamakan persepsi pada lintas sektor dalam kaitannya penyediaan data akurat, data mutakhir, data terpadu, terintegrasi, berkelanjutan, dan mudah diakses. Karena, ketersediaan data akurat merupakan tanggung jawab bersama yang harus dikelola profesional. Sesuai Perpres No 39 tahun 2019, tentang satu data Indonesia dan Perwali Palopo No 32 tahun 2021 tentang satu data Indonesia, semua OPD/instansi terkait diharapkan mencegah ego sektoral dalam proses pengumpulan dan penyebarluasan data.

"Semua OPD/instansi harus bersinergi memperkuat komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi mengimplementasikan satu data yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Forum SDI menjadi momentum memperkuat kepercayaan publik terhadap perencanaan, dan pelaksanaan pembangunan kemasyarakatan yang dilakukan pemerintah," kunci Asrul Sani. (RLS/MUSAKKAR DJABAL TIRA)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top