ads


DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Kegiatan penghijauan lahan PT Vale di DAS Tana Toraja.

MAKALE- Selama dua hari, Senin hingga Selasa, 15-16 Januari 2024 lalu, PT Vale Indonesia Tbk, menanam sebanyak 424 ribu bibit pohon guna menyukseskan program rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Tana Toraja. Kegiatan tersebut, dilakukan bersama LPPM UNHAS. 


Kegiatan dengan tema "Teruslah Menanam, Tebarkanlah Oksigen demi Keberlanjutan Kehidupan di Bumi" ini bagian dari upaya pelestarian lingkungan dalam konteks Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan (PPKH) sebagai kewajiban PT Vale selaku pengguna kawasan hutan untuk kegiatan pertambangan.


Menurut Direktur Departemen Environment & Permit Management PT Vale Indonesia Tbk, Zainuddin dalam siaran persnya, Selasa (23/1/2024), Tana Toraja merupakan salah-satu dari 17 kabupaten di Sulsel yang masuk lokasi rehabilitasi lahan PT Vale. Kegiatan penghijauan di Tana Toraja, berlangsung di tiga lokasi, Blok Marinding, Blok Otoritas Bandara Mengkendek, dan Blok Burasia, Kecamatan Bittuang. Totalnya 214 Ha lahan, ini merupakan kegiatan tahap kedua dan di 2024 telah memasuki masa tanam dan pemeliharaan berjalan.


"Untuk rehabilitasi lahan tahap pertama, berlangsung di 13 kabupaten se Sulsel dan luas yang direhabilitasi di Tana Toraja pada tahap pertama 1.190 Ha terbagi dalam 7 blok penanaman dan telah memasuki tahap pemeliharaan lanjutan serta persiapan serah terima pekerjaan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kegiatan rehabilitasi lahan ini sekaligus menyukseskan program menanam pohon serentak secara Nasional yang dicanangkan Presiden RI, Joko Widodo lewat KLHK," papar Zainuddin.


Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi LPPM UNHAS, Dr Baharuddin, menguraikan bahwa pihaknya ikut membantu melaksanakan kegiatan teknis, sosialisasi, persemaian dan penanaman bibit pohon.

   

LPPM UNHAS berperan dalam menyusun rancangan teknis dan pengawasan, acara tersebut dihadiri Senior Project Manager Watershed Rehabilitation PT Vale, Yohan Lawang, dan Senior Manager Permit & Licence PT Vale, Fuji Rahmat, Kepala KPH Saddang 1, Kadang, Kepala Lembang Marinding, Devi T, serta masyarakat lokal yang diberdayakan kontraktor rehabilitasi DAS PT Vale. (FAUSIAH WULANDARI HAFID)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top