ads

IKLAN KPU KOTA PALOPO

IKLAN KPU KOTA PALOPO

DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Kepala MA Biharul Ulum Ma'arif, Arifuddin, dan Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare, Zulfah usai penandatanganan MoU. 

 PINRANG- Saat melakukan penarikan sebanyak 4 mahasiswa yang mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), Dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAN) Parepare, Dr Zulfah MPd, Rabu (8/11/2023), menandatangani nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala Madrasah Aliyah (MA) Biharul Ulum Ma'arif, Arifuddin SPd MPd. 


Pada pertemuan itu, Arifuddin menyatakan kesiapan MA Biharul Ulum Ma'arif menjalin kerja sama dengan IAIN Parepare, serta mendukung tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 


"Kami membuka pintu selebar-lebarnya bekerjasama dengan IAIN Parepare membantu mahasiswa menjadi calon guru yang profesional lewat kerja sama MoU tersebut. Madrasah kami menampung 149 siswa yang terbagi dalam 6 rombel, guna memenuhi kebutuhan pendidik kami siap menerima lulusan terbaik IAIN Parepare untuk diangkat sebagai guru di sini," ucap Arifuddin.


Sekedar informasi, MoU yang disepakati terkait kerja sama kedua belah pihak, di mana MA Biharul Ulum Ma'arif kini menjadi Laboratorium Tarbiyah untuk mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Parepare. Pihak IAIN Parepare melalui Dekan Fakultas Tarbiyah, Zulfah, menyampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada MA Biharul Ulum Ma'arif yang telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa IAIN Parepare melaksanakan praktek mengajar secara langsung. 


"Alhamdulillah dengan adanya MoU kerja sama ini, Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare dapat memberikan 50 persen materi kuliah dan 50 persen materi praktikum kepada mahasiswanya, Lab Tarbiyah berfungsi sebagai tempat praktek bagi mahasiswa mengajar secara langsung di hadapan peserta didik, serta memotivasi civitas akademika IAIN Parepare semakin giat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat," ungkap Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare, Zulfah.  


Perwakilan mahasiswa PPL IAIN Parepare, Norma, mengaku sangat terkesan selama melakanakan PPL di MA Biharul Ulum Ma'arif. Dirinya cukup betah dan terasa ingin berlama-lama praktek di MA Biharul Ulum Ma'arif, namun karena waktu yang terbatas, hingga ia dan rekan-rekannya yang lain harus kembali ke kampus. "Antusiasme peserta didik di MA Biharul Ulum Ma'arif mengikuti kegiatan proses belajar mengajar sangat tinggi, selain itu kami juga benar-benar merasakan betul realitas dunia kerja sebagai guru seperti mempersiapkan modul belajar, menyusun RPP sesuai arah Silabus, dan memanfaatkan jam pelajaran secara efektif," tutur Norma. 


Sedang, guru pamong MA Biharul Ulum Ma'arif, Fitriah SPd, menilai jika selama melaksanakan program PPL mahasiswa IAIN Parepare,telah mampu menjalankan tugas sebagai seorang guru. Untuk itu, ia berpesan kepada mahasiswa agar kelak mereka dapat menjadi guru yang selalu dirindukan siswa-siswinya. (FAHARUDDIN HAKIM)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top