ads


DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

Launching Kampung Moderasi Beragama di Kelurahan Batupasi.

PALOPO- Dua kelurahan di Kota Palopo, Batupasi dan Pajalesang menjadi binaan program Kampung Moderasi Beragama Kementerian Agama (Kemenag) Palopo, Kampung Moderasi Beragama Batupasi serta Pajalesang resmi dilaunching, Kamis (15/6/2023). Acara deklarasi dukungan Kampung Moderasi Beragama itu, dihadiri Sekda, Drs H Firmanza DP SH MSi. 


Ketua Pokja KMB, Drs Rudding Bandu, mengungkapkan Kampung Moderasi Beragama mengutamakan kolaborasi lintas unsur lembaga dan lapisan masyarakat dalam memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman toleransi dalam perbedaan serta memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis kelurahan, desa, atau kampung. "Yang dimaksud moderasi beragama, memahami dan mengamalkan agama dengan tidak ekstrim, baik ekstrim kanan (pemahaman agama yang sangat kamu) dan ekstrim kiri (pemahaman agama yang sangat liberal)," ungkapnya.


Sekda Palopo, Firmanza DP, saat membawakan sambutan Walikota, mengungkapkan Kampung Moderasi Beragama sangat penting--, mengingat Indonesia merupakan negara majemuk serta heterogen yang di dalamnya terdapat beragam agama, etnis, suku, budaya, dan bahasa yang berbeda-beda. "Palopo sering dijuluki sebagai Indonesia Mini lantaran memiliki banyak keragaman di dalamnya, agama hadir sebagai pemersatu bangsa, maka dari itu seluruh penganut agama mesti saling menghormati dan bertoleransi serta menjaga kerukunan," ucap Firmanza. 


Lebih jauh, Firmanza menambahkan Pemkot Palopo mengapresiasi dijadikannya Batupasi dan Pajalesang sebagai Kampung Moderasi Beragama. Perlu diketahui, bahwa Batupasi merupakan titik nol atau jantung Kota Palopo di wilayah ini terdapat Masjid Jami Tua, serta dua rumah ibadah agama lainnya, yakni Gereja dan Vihara. Launching tersebut, dihadiri kalangan Forkopimda, jajaran Kemenag, dan Ketua FKUB, Camat, Lurah, serta undangan lainnya. (RLS/TOM)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top