ads


DPRD Kota Palopo

Pemkab Luwu

Headline

Metro

Hukum

Daerah

Politik

 

BPPD Morowali gelar pekan panutan PBB-P2 tahun 2023.

MOROWALI- Dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, sangat dibutuhkan dalam menyukseskan penagihan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2023. Hal itu diungkapkan Bupati Morowali, Drs Taslim, saat menghadiri pekan panutan PBB-P2 yang digelar Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Morowali, Kamis (16/3/2023). 


"Dimohon bantuan dan dukungan yang seluas-luasnya dari masyarakat terutama pejabat dan ASN di Morowali, saya juga perintahkan kepada BPPD dan seluruh OPD Pemkab Morowali menggalakkan gerakan disiplin bayar pajak PBB-P2 di jajarannya masing-masing," tegas Taslim.


Bupati pada kesempatan itu memberikan apresiasi kepada tiga kecamatan yang lunas PBB-P2, yaitu Kecamatan Witaponda, Bumiraya, dan Bungku Timur. Taslim menyampaikan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Morowali mengalami peningkatan di angka 130,75%, hadirnya pajak makan dan minum melalui kantin salah-satu perusahaan membuat dampak kenaikan PAD sebesar 136%. Jika pajak makan dan minum ini dimaksimalkan di warung-warung yang tidak berada pada area perusahaan, maka PAD Morowali bisa mencapai Rp60 hingga Rp70 miliar per tahunnya dari sektor pajak makan dan minum.


"Meski demikian, terkait penagihan PBB-P2 diperlukan pendataan ulang menggali ulang potensi yang terlewatkan atau hitungan yang belum selesai agar kenaikan PAD nantinya mampu terealisasi secara signifikan guna mendorong kesejahteraan masyarakat Morowali, diperlukan kerja sama kolaborasi dan sinergitas lintas sektoral menyukseskan PBB-P2," tandas Taslim.


Sementara, Kepala BPPD Morowali, Drs Harsono Lamusa, memaparkan tujuan pekan panutan pembayaran PBB-P2 antara lain, menumbuhkan kesadaran membayar PBB-P2 utamanya di kalangan ASN, menumbuhkan kesadaran ketaatan pajak tepat waktu dan tepat jumlah bagi pejabat dan ASN, dan menumbuhkan sifat keteladanan di kalangan pejabat dan ASN memenuhi kewajiban membayar pajak. "Pembayaran PBB-P2 saat ini bisa melalui proses tunai maupun QRIS yang disediakan di Bank BRI Cabang Morowali dan PT Bank Sulteng Cabang Bungku, pekan panutan ini hendaknya meningkatkan kesadaran pejabat dan ASN menjadi contoh sebaga warga negara yang baik," tuturnya. 


Kegiatan ini dihadiri Sekda Morowali, Drs Yusman Mahbub MSi, Asisten 3, Kepala KPP Pratama, Pimpinan Cabang BRI Morowali, Pimpinan Bank Sulteng Cabang Bungku, para pimpinan SKPD Pemkab Morowali, dan seluruh Camat. (FAUSIAH WULANDARI HAFID)

About koranakselerasi

OnlineAkselerasi.com juga beredar dalam versi cetak (Koran Akselerasi) yang beredar di wilayah Luwu Raya dan Toraja. Semoga, kehadiran media ini, dapat menambah khasana bacaan masyarakat yang lebih edukatif dan mendidik.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top